Jumat, 19 Agustus 2016

Tata Cara Mengaktifkan Kembali NPWP Non Efektif

Bagaimana cara mengaktifkan kembali NPWP Non Efektif? berikut ini tata cara mengaktifkan kembali NPWP Non Efektif disertai formulir pengaktifan kembali NPWP Non Efektif beserta list syarat kelengkapan.

Tata Cara Mengaktifkan Kembali NPWP Non Efektif 

 

 NPWP Non Efektif


Apa yang dimaksud dengan NPWP Non Efektif? NPWP Non Efektif atau yang akrab disebut NPWP NE adalah suatu keadaan dimana NPWP yang dimiliki oleh Wajib Pajak seperti "beku" atau "mati suri". Status Non Efektif itu bisa terjadi karena beberapa sebab, yaitu:
1. Anda memang pernah mengajukan permohonan status Non Efektif
2. Kebijakan intern dari Kantor Pelayanan Pajak untuk mengnonefektifkan NPWP dengan alasan tertentu
3. Kesalahan administrasi dalam proses penerimaan berkas wajib pajak

dari alasan tersebut diatas bisa dipahami bahwa status non efektif memang bisa didapat karena kehendak wajib pajak sendiri atau bisa juga karena kebijakan dari kantor pajak. Jika status NPWP anda Non Efektif, maka anda tidak bisa menggunakan NPWP tersebut untuk mengurus administrasi perpajakan.

Apakah NPWP Non Efektif perlu lapor SPT Tahunan?


Status NPWP Non Efektif tidak mewajibkan Wajib Pajak untuk melaporkan SPT Tahunan, baik secara online atau secara manual. Dalam kasus yang biasanya terjadi, ketika akan melaporkan SPT Tahunan melalui djp online, beberapa wajib pajak tidak dapat melanjutkan proses penyampaian SPT tahunan online karena ada notifikasi bahwa NPWP Non Efektif. Maka, tidak perlu melanjutkan proses penyampaian SPT Tahunan karena kewajiban anda telah gugur.

Pengaktifan Kembali NPWP Non Efektif


Ketika status NPWP Non Efektif tersebut memang benar-benar dibutuhkan baik untuk mengurus administrasi perpajakan atau memang anda adalah seorang Wajib Pajak yang memang diharuskan untuk memberikan bukti penyampaian SPT Tahunan oleh Perusahaan dimana anda bekerja, maka anda harus mengaktifkan kembali status NPWP Non Efektif anda. Untuk proses pengaktifan kembali non efektif memang belum ada layanan online, maka anda diharuskan untuk datang ke KPP anda terdaftar untuk mengisi formulir pengaktifan kembali NPWP Non Efektif dan menyampaikan nya ke petugas TPT di KPP.
Jika anda bingung, di lembagapajak.com disediakan formulir pengaktifan kembali NPWP non efektif, anda tinggal download, isi kolom yang tersedia sesuai petunjuk, lengkapi syarat sesuai checklist, anda datang ke KPP langsung diproses tanpa lama-lama bingung mengisi.
Download Formulir Pengaktifan Non Efektif
Mudah Bukan?

25 comments

S. siang Mas thanks atas sharing artikelnya, saya punya sedkit pertanyaan dan ingin saya tahu bagaimana cara mengaktifkan NPWP Badan Usaha yang di Block, alasaan karena sesuatu hal/misadministrasi pd badan usaha tersebut. Mohon kiranya pencerahannya thanks a lot for your support

mau tanya NPWP sya tidak aktif apakah bisa diaktifkan dengan no NPWP lama

NPWP di blok itu ada beberapa kriteria. NPWP itu bisa dinon efektifkan, tetap bisa melakukan kewajiban.
NPWP juga bisa dihapus karena permohonan WP atau kebijakan Pusat, hubungi Account Representative KPP terdaftar.
NPWP juga bisa diblok karena ada masalah atau tidak tertib perpajakan, hubungi Account Representative KPP terdaftar.

ya memang harus diaktifkan kembali pak. Kunjungi KPP terdaftar untuk diaktifkan kembali NPWP nya

Sore Mas, terima kasih atas informasi memgenai NPWP yg sdh tidak aktif. Saya mau nanya mengenai NPWP pribadi saya yg sdh di non aktifkan. Saya mau mengaktifkan kembali, tapi saya sekarang sdh tinggal di Jakarta, sedangkan NPWP saya di release di Medan. Jadi apakah saya hrs ke KPP yg me release NPWP saya di Medan. Apakah tidak bisa di wakilkan dengan surat kuasa? Terima kasih. /Ino

Sorry, maksudnya NPWP non efektif. Terima kasih

selamat sore bapak, jadi untuk mengaktifkan NPWP non efektif memang harus di KPP terdaftar. Saran saya adalah, kalau memang KTP bapak sudah KTP jakarta, alangkah lebih baik kalau mengajukan pemindahan wajib pajak, agar dalam mengurus NPWP tidak terhalang jarak. Untuk masalah mengaktifkan kembali, isi permohonan dan bisa diwakilkan dengan surat kuasa bermeterai.

selamat sore bapak, jadi untuk mengaktifkan NPWP non efektif memang harus di KPP terdaftar. Saran saya adalah, kalau memang KTP bapak sudah KTP jakarta, alangkah lebih baik kalau mengajukan pemindahan wajib pajak, agar dalam mengurus NPWP tidak terhalang jarak. Untuk masalah mengaktifkan kembali, isi permohonan dan bisa diwakilkan dengan surat kuasa bermeterai.

Selamat malam,pak. Sy mau tanya bagaimn cara mengaktifkan kmbli NPWP NE bila pemilik NPWP sdh tidak berdomisili di daerah NPWP terdaftar,haruskah mengurus sdri di KPP NPWP terdaftar,bisa tidak diurus di KPP domisili skrg?

Aku punya npwp yang sudah NE dr perusahaan sebelumnya terus aku pindah kerja dan mengharuskan memiliki npwp lagi, jadi minta diaktifkan kembali dan ganti nama perusahaan yg bersangkutan ya pak?

Harus di kpp terdaftar, sesuai domisili waktu mendaftarkan NPWP. Jika tidak bisa datang langsung ke KPP, bisa dikirim lewat pos

Cukup aktifkan saja NPWP nya, dan melaksanakan kewajiban pelaporan SPT Tahunan dengan penghasilan yang diterima di perusahaan baru

Maaf pak kalow npwp saya sudah rusak bagai mana caranya ya biar nomor npwp saya bisa tahu lagi bisa melalui online tidak?

Aku punya npwp, tetapi sekarang statusnya NE, dan aku ingin mengaktifkan kembali dikarenakan istriku bekerja di sebuah PT dan butuh npwp tersebut. Aku sudah telp ke bagian KPP tempat pengeluaran npwp, mereka minta pengiriman formulir mengaktifkan bowo NE, tetapi yang jadi masalahnya, dalam profil saya, saya masih berstatus karyawan swasta, padahal sekarang aku pengangguran. Bagaimana solusinya itu pak?

Siang.. saya mau tanya, saya tinggal di tangerang, npwp dulu yg bikin dr perusahaan di batam. Ketika habis kontrak npwp saya di NE kan.
Jadi saya tdk bisa bikin baru krn masih punya nomor npwp.
Kalau sy mau mengaktifkan kembali npwp saya yg NE di KPP terdekat bisa nggak ya? Krn saya sudah tdk tinggal di batam. Terimakasih

Mav saya mau nanya klo mau aktifkan kembali npwp tetapi saya teedaftarnya di medan,kmrn saya ke kpp di jakarta dan saya hanya di ksh form surat permohonan pengaktifan dan disuruh kirim ke medan,yg saya mau tanya surat itu langsung saya kirim ke kpp medan atau saya hrs suruh adek saya yg di medan urusin yah?

Pak bisakah penaktifan NPWP NE dikirim lewat pos ? Tdk dtang lngsung ke KPP nya.

Apa benar jika sudah lama tidak bekerja, otomatis npwp mati? jika mati dan sedang di luar kota tidak sesuai alamat NPWP tidak bisa diurus, harus sesuai dengan alamat NPWP

Mau tanya saya baru bikin npwp udah seminggu kok d cel tidak aktif

Malam
Ka mau nanya NPWP saya sudah mati atau belum ya
Soalnya waktu itu saya disuruh balik lagi ke kantor pajak tapi saya tidak balik,
Apakah itu npwp saya sudah mati ka?
Dan apa aja persyaratannya nanti saya ke kantor pajak,apa saja yang harus saya bawa
Terimakasih

Mohon informasinya th.2009 sy bekerja di sebuah perusahaan dan telah didaftarkan NPWP pada saat tersebut juga langsung diurus dari kantor, beberapa waktu sy resign dari perusahaan tersebut & saya tidak pernah bayar pajak sampai sekarang, tapi sekarang kartu NPWP hilang, dan sy sudah pindah kota tempat tinggal, bagaimana biar saya punya NPWP lagi dan bisa bayar kewajiban pajak saya

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Saya tanya min..
Kalo NPwp baru di NE 1 hari dan di hari bsok nya mau di aktfkan, masih bisa ga dipakai NPwPnya? Tp surat dari kantor nya blm keluar. Minta solusiny min. Terima kasih

Waktu saya tinggal di Padang th 2009 saya buat NPWP di sana trus gempa besar di Padang terjadi kartu NPWP tidak diterima dn kantornya juga rusak. Saya pindah di Medan. Kemarin saya mengurus NPWP lagi ternyata saya ditolak kr NE sdh 10 thn. Sya disuruh petugasnya kembali ke Padang dgn membawa KTP padang. Padahal saya sdh ber- KTP Medan pindahan Padang. Apakah serumit itu? Tidak ada cara mempermudah? Bahkan no.NPWP saya baru tau kemarin. Apa hrs bayar lapor selama 10thn? dulu buat NPWP syarat ke LN & PASPOR kr mau jd tki,

Bagai mana cara mengaktifkan kembli ,terdaftar


EmoticonEmoticon